0

No Gossip!

Nana dan Thalia dua ibu muda yang doyan bergosip tampak asik ngobrol.

Nana: “Jeng, tau nggak tadi malam aku lihat suaminya si Risa, itu lho si Andri, ketemuan sama perempuan muda di mall Bonita Square. Cantik masih muda gitu ceweknya..”

Thalia: “Hah..masa sih jeng. Terus gimana?”

Nana: “Iya gitu jeng, Pak Andri nya jemput itu cewek di mall, terus cewek itu masuk ke mobilnya Pak Andri. Gak tau tuh mau kemana..”

Thalia: “Ya ampun..ngeri ya suaminya bu Risa. Kasian kalau sampai bu Risa tahu suaminya jalan sama perempuan lain”

Nana: “iya ya jeng..terus ya…….”

qqq

Sementara itu di rumah Bu Risa dan Pak Andri.

Risa: “Capek ya Pa, sini mama pijit tangan papa. Dapat berapa penumpang tadi, Pa?”

Andri: “Papa dapat 6 penumpang, Ma. Puji Tuhan semua penumpangnya baik-baik, tidak sedikit yang ngasih tips banyak. Lumayan ya Ma, semenjak tiap sore pulang kerja papa nyambi jadi driver Uber, tabungan kita jadi makin banyak.”

Risa: “Iya Pa, lumayan untuk tambahan tabungan pendidikan anak kita.”

Taraaaaa..banyak hal yang tidak seperti kelihatannya. Kelihatannya suami orang pergi dengan perempuan lain, padahal sebenarnya tidak seperti itu. Ternyata sang suami bekerja sambilan menjadi driver Uber. Sang suami bekerja ekstra demi mendapatkan tambahan rejeki untuk keluarganya.

Kita memang tidak bisa mengatur apa yang akan orang katakan terhadap kita. Tiap kita  selalu punya kemungkinan untuk diomongin orang. Namun kita tidak perlu bereaksi terhadap gosip. Jika memang tidak terbukti benar, kelak waktu yang akan menjawabnya. Se simple itu. Untuk apa membuang energi untuk mengklarifikasi hal yang tidak penting.

Satu sisi tiap kita juga punya kesempatan untuk ngomongin orang lain. Semua tergantung diri kita masing-masing. Semua yang benar, semua yang baik, semua yang mulia, semua yang disebut kebenaran, pikirkan saja itu. Artinya jangan ambil bagian dalam pergosipan deh hehehe…Udah nggak ada gunanya, malah nambah daftar dosa hehe..Indahnya dunia jika semua orang sadar bahwa bergosip itu tidak baik.

Advertisements