Jahit – Jahit 1: Brukat & Songket

September lalu sepupu saya menikah. Ibu saya bilang pihak keluarga mempelai memberikan kain brukat oranye untuk para budhe dan bulik sebagai seragam atau kembaran di acara resepsi. Ahaa..oranye. Pas sekali saya punya kebaya warna oranye. Alangkah bagusnya kalau saya bisa kembaran juga sama Miracle. Lalu saya cari kain-kain brukat sisa kebaya oranye saya dan sisa kain songket Flores. Dan ternyata masih cukup untuk membuat satu setel baju anak-anak.

img-20161019-wa0004

Saya terpikirkan membuat baju yang tidak ribet dipakai namun juga nyaman dipakai. Maklumlah user nya adalah anak-anak yang lincah dan sangat suka berlarian hihihi.. Untuk roknya saya menggunakan model baju yang anak saya punyai. Jadi saya tinggal menaruh baju yang saya inginkan ke atas koran. Lalu saya menjiplak bentuknya dengan ditambah 2 cm untuk lipatan. Untuk rok di atas hanya memerlukan 3 pola yaitu: pola dasar rok, pola bagian dada + punggung, pola tali bahu. Sedangkan untuk cardigannya saya menjiplak salah satu cardigan yang ada ditambah 2 cm untuk lipatan, karena mesin jahit saya tidak bisa untuk mengobras jadi saya menambahkan lipatan 2 cm.

Proses pengerjaannya sendiri cukup mudah, sebelum kain dijahit dengan mesin saya menjelujuri semua kain terlebih dahulu untuk memudahkan penjahitan dan supaya hasilnya rapi. Sebagai aksen pemanis saya menambahkan renda warna oranye senada, seharga Rp 6.000,- per meternya, dibagian leher dan depan, juga sisa renda saya buat menjadi bunga  pemanis cardigan dan jepit rambut.

Setelah dipakai begini hasilnya…Upss si model kecil susah sekali diarahkan hihihi..

 

Leave a Reply

