Menjahit Itu Menyenangkan

Saya suka menjahit. Sejak umur 10 tahun saya sudah mulai bisa menggunakan mesin jahit. Awal mula suka menjahit adalah karena sewaktu saya kecil saya sering melihat mbah kakung, mbah putri, bapak, ibu dan tante saya menjahit dengan mesin jahit. Di rumah mbah kakung terdapat mesin jahit kuno berengkol.

mesomm

mesin jahit engkol

Jaman kecil saya sering mainin mesin jahit itu hingga benangnya terhambur banyak dan saya dimarahin mbah kakung hehehe..Mesin jahit engkol ini tidak menggunakan roda bawah seperti mesin jahit yang lebih modern. Jangan dibayangin capek dan pegelnya menjahit dengan mesin ini. Selesai menjahit tangan kanan kita bakal tampak seperti rutin latihan fitness..berotot booo..Untung simbah membeli juga meja bawah beroda untuk menggerakkan mesin ini, jadi tidak perlu pakai engkol tangan jika tidak terpaksa.

Seumur hidup saya, saya berhasil membeli 2 buah mesin jahit dengan uang saya sendiri hehehe..Mesin jahit saya yang pertama adalah mesin jahit merk Butterfly seharga 200.000 rupiah. Saya beli second dari tempat kerja teman saya. Agape Craft tempat teman saya bekerja bangkrut dan menjual semua aset yang mereka punya. Mesin jahit saya adalah yang  terbaik dari Agape Craft karena teman saya meminta teknisi mesin jahit di perusahaannya memilihkan satu yang terbaik. Mesin jahit ini seperti umumnya tipe Butterfly beroda dan sudah dilengkapi adaptor. Kualitas jahitannya juga baik. Suara mesinnya pun masih halus.

sww

mesin jahit Butterfly

Namun sayang mesin jahit ini hanya berumur 6 tahun bersama saya. Tahun 2015 lalu suami saya meninggalkan mesin jahit ini di rumah kontrakan lama dengan alasan kayu penyangga mesin sudah rapuh. 99% saya yakin mesin ini sudah dijual kembali oleh pemilik kontrakan saya dulu. Saya sedih sekali, sampai dengan tulisan ini saya buat, hati saya masih sedih kalau ingat suami saya “membuang” separuh jiwa saya hiks hiks hiks..Namun hidup harus terus berlanjut hehehe…

Sampai akhirnya 3 minggu  yang lalu saya membeli mesin jahit mungil di Lazada seharga 185.000 sudah termasuk ongkos kirimnya. Kenapa tidak beli yang besar sekalian? sayang uangnya hehehe..karena yang besar dan bagus diharga 1,5 juta ke atas, lagipula saya sekarang masih dalam taraf menjahit iseng. Just sewing for fun. Belum saya seriusin hehehe..anak saya masih kecil belum bisa saya tinggal kelamaan menjahit.

photogrid_1472910767846

mesin jahit portable

Mesin jahit ini lumayan kecil terlihat dari gambar di atas kan..lebih kecil dari bangkunya anak saya hehehe..Di dalamnya terdapat petunjuk penggunaan, pedal, adaptor, 4 buah bobbin cadangan, 1 buah pengumpan benang dan 2 buah jarum cadangan.

Bagi yang sudah bisa dan biasa menggunakan mesin jahit penggunaan mesin portable ini tidak sulit, sama saja dengan mesin jahit pada umumnya. Tutorial penggunaannya pun banyak bertebaran di Youtube. Cari saja “portable sewing machine tutorial” atau “how to wind the bobbin” jika ingin menggulung benang.

photogrid_1473259652828

string backpack for my daughter

Hasil karya saya pertama dari mesin ini adalah tas backpack buat anak saya. Tas dari baju bekas anak saya. Hasil jahitan mesin ini rapi dan kuat, nggak kalah dengan mesin jahit premium. Tapi untuk kain yang tebal dan lipatan yang tebal mesin ini kurang galak dan bisa bikin benang putus-putus.

Secara keseluruhan saya puas dengan kinerja mesin portable ini. Dari skala 1-10 saya beri nilai 7,5. Lumayan menghilangkan kesedihan saya dari mesin jahit Butterfly saya yang terbuang dan mengembalikan hobby saya yang sudah lama tidak tersalurkan.

Leave a Reply

