Maternity Leave for 3 Months. Cuti Melahirkan Telah Tiba.

Senin 1 Maret 2014 kemarin aku mulai ambil cuti melahirkan. Sebenernya due date ku masih lama, masih di akhir bulan maret ini di tanggal 22 – 30 maret 2014. Banyak pertimbangan yang aku ambil hingga akhirnya majuin cuti dan ambil di awal maret ini.

Beberapa hari lalu pas cek USG berat badan adek bayi di perutku cuma 2,2 kg di umur kehamilan 35-36 minggu. Dokter bilang beratnya kurang. Sediiiiiiiiih banget rasanya. Buat janin seumuran 35-36 minggu harusnya beratnya udah sekitar 2,5 kg. Maafin mami ya dek…mami janji kasih yang terbaik buat pertumbuhan adek.

Karena pertimbangan pertumbuhan janin inilah yang bikin aku disarankan dokter buat segera cuti. Dokternya bilang bahwa seharusnya cuti hamil itu diambil saat umur janin 34 minggu atau sekitar usia kehamilan 8 bulan.  Hal  ini dilakukan agar si ibu bisa istirahat total dan memaksimalkan asupan nutrisi ke bayi. Karena kalau mamanya kecapekan nutrisi ke bayinya jadi berkurang.

Dan sebenernya Undang-Undang Ketenagakerjaan Indonesia  juga menyatakan bahwa cuti hamil adalah 1,5 bulan sebelum saatnya melahirkan.  Pasal 82 ayat (1) dan Pasal 84 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UU Ketenagakerjaan”), bahwa pekerja/buruh perempuan (maksudnya, “karyawan wanita” atau karyawati), berhak memperoleh istirahat atau cuti hamil selama 1,5 bulan (dalam arti, satu bulan dan lima belas hari) sebelum saatnya melahirkan anak, dan cuti melahirkan selama 1,5 bulan (satu bulan dan 15 hari) sesudah melahirkan, menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan. Kumulatif “cuti hamil dan melahirkan” tersebut, adalah selama 3 (tiga) bulan berturut-turut dengan berhak -mendapat- upah penuh.

Di samping itu, bagi suami karyawati yang bersangkutan (apabila sebagai –karyawan– pekerja/buruh di suatu perusahan), juga berhak memperoleh “hak cuti“ (hak tidak masuk bekerja dan berupah) selama 2 (dua) hari jika -saat istrinya melahirkan- bersamaan dengan hari kerja. Demikian ketentuan Pasal 93 ayat (2) huruf c dan ayat (4) huruf e UU Ketenagakerjaan.
Dengan ini hari-hari cutiku resmi dimulai. Hari-hari menanti si kecil yang diisi dengan makan dan tidur saja *horeeeeeeee* Hari-hari terakhir aku tidur ke kiri dan susah buat gerak cepat *hehehehehe* We’ll see you soon my dearest baby..muach..
Advertisements

One thought on “Maternity Leave for 3 Months. Cuti Melahirkan Telah Tiba.

  1. Pingback: Selamat Datang Keajaiban |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s