Mencairkan Dana Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan)

PhotoGrid_1455189116136.jpg

Mengajukan klaim (mencairkan dana) BPJS Ketenagakerjaan sangatlah mudah. Ini dia dokumen-dokumen yang harus disiapkan dari rumah:

1. KTP asli dan copy

BPJS bisa diambil di kantor cabang manapun, tidak harus sesuai KTP.

2. Kartu Jamsostek asli dan copy

Jika kartu BPJS-nya hilang, silakan buat dahulu surat keterangan hilang di kantor polisi terdekat. Sediakan juga meterai 6000 jika kartu anda hilang. Petugas loket BPJS Bogor meminta saya membeli meterai.

3. Kartu Keluarga asli dan copy

Karena waktu itu saya tidak membawa KK asli dan alamat di dokumen lampiran berbeda-beda [KTP saya Jogja, Perklaring Bandung, domisili sekarang Sentul, Bogor] maka petugas meminta saya membuat Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan saya tinggal. Membuatnya mudah dan cepat, Anda tinggal datang ke Kelurahan tempat Anda tinggal.

4. Buku tabungan asli dan copy

Jika menginginkan uang klaim dalam bentuk tunai tidak perlu menyertakan buku tabungan, uang tersebut nantinya dapat diambil di kantor BPJS atau di kantor pos.

5. Surat keterangan Berhenti Bekerja (Perklaring) asliĀ  dan copy

Jika Surat Keterangan Kerja hilang, silakan buat dahulu surat keterangan hilang di kantor polisi terdekat.

Berdasar pengalaman saya waktu itu, saya sampai di kantor BPJS Ketenagakerjaan Bogor di Jl. Pemuda 28 Bogor pukul 07.45 pagi, kantor belum dibuka tetapi sudah banyak orang yang datang sebelum saya. Saya sempat kebingungan karena baru pertama kali ke kantor BPJS, hingga kemudian datanglah seorang satpam yang mengarahkan saya untuk turun ke basement. WOW! ternyata di basement ini antrian sudah panjang. Di basement pula seorang satpam lain datang dan memberikan formulir Permintaan Pembayaran JHT dan menyuruh saya masuk antrian. Untungnya antrian di BPJS Bogor menggunakan bangku deret sehingga saya bisa duduk mengisi formulir sambil antri.

Tak lama setelah saya duduk dalam antrian, jumlah orang yang datang mengantri di belakang saya makin banyak. Akhirnya pukul 09.30 antrian saya berakhir, formulir yang sudah saya isi dicek kelengkapannya oleh petugas, semua dokumen yang diperlukan di cross check ulang oleh petugas. selesai dari sini petugas memberikan nomer antrian kembali, nomer antrian inilah yang akan digunakan untuk memproses klaim. Pastikan dokumen yang dibawa lengkap agar tidak perlu bolak-balik antri lagi. Saya melihat ada beberapa orang yang diminta melengkapi dokumen dan tidak lolos verifikasi. Pukul 09.30 pagi hari itu saya dapat nomer antrian 44.

Setelah mendapatkan nomer antrian dari petugas saya pindah ke dalam gedung BPJS. Di sini proses antriannya seperti di bank dan tidak terlalu lama hanya sekitar 5 – 15 menit. Sekitar jam 10.15 saya dipanggil untuk verifikasi. Petugas mengecek kembali formulir dan setiap dokumen yang saya lampirkan. Setelah semua lengkap dan saya dinyatakan lolos, petugas kemudian memotret saya dengan webcam dan menunjukkan saldo yang akan ditransfer ke rekening saya. Sebagai tanda bukti pengajuan klaim saya diberikan lembar kuning dari formulir yang tadi saya isi. Dan sebelum meninggalkan loket petugas memberitahu bahwa uang klaim akan masuk ke rekening dalam waktu 3 hari kerja.

Selamat mengajukan klaim!

REVISI: per 1 September 2015 masa tunggu pencairan adalah 1 bulan setelah resign dan bisa dilakukan secara online, sehingga Anda tidak perlu datang dan antri di kantor BPJS. Klik di sini.

 

 

17 thoughts on “Mencairkan Dana Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan)

  1. Bagaimana kalau surat pemeberhentian kerjanya tiddak ada/hilang? Sedangkan saya sudah keluar dari perusahaan 16 tahun yang lalu, apakah saya masih bisa mencairkan dana BPJS saya?

    • Mbak Uliani, utk surat perklaring yg hilang setahu saya harus buat surat keterangan hilang di polisi, tapi utk lebih jelasnya mbak bisa telpon ke kantor bpjs terdekat.

  2. Mbak saya mulai bkrja diperusahaan yg lama tahun 2010 hbs masa krja 2011,, apakah jamsostek saya sudah bisa dicairkan?

    • Hai mas, waktu pencairan Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan adl 5 tahun + 1 bulan masa tunggu, jadi kalo mas sudah terdaftar di Jamsostek dari 2010 seharusnya tahun 2015 ini sudah bisa diambil. Tinggal dihitung saja dari tahun 2010 itu kapan pasnya 5 tahun + 1 bulan…

  3. trimakasih atas informasinya sangat membantu saya juga ragu soalnya berubah jadi bpjs
    kalo berubah jadi power renger baru saya asli tu puyeng kan lumayan duit kita itu

    • Mbak Siti, bisa kok mbak asal semua syarat sudah lengkap dan masa kepesertaan mbak sudah 5 tahun + 1 bulan masa tunggu. Nanti petugas akan memberikan uang tunai kepada mbak.

  4. Mba kalau kartu y ilang yg benar gk perlu pake minta tandatangan lagi kantor yg dulu y cma kkntor polisi aj sma matrai 6000 ja yh.

  5. Mba yang benar kalau jamsostek y ilang cuma minta surat kehilangan dari kepolisian aja yah.jaadi gak perlu minta tandatngn sm stempel prusahaan lama lagi gitu mba.

  6. Sekarang pencairan tidak perlu menunggu 5 tahun 1 bulan kan yah mbak? peraturan baru per 1 september itu benar adanya? bisa mencairkan tanpa harus menunggu sampai 5 tahun 1 bulan dengan syarat sudah berhenti bekerja ( PHK / Resign)

  7. bagaimana jika rekening untuk pencairan bukan milik sendiri atau namanya berbeda dengan nama di bpjs?
    tolong jawabannua

Leave a Reply

